Langsung ke konten utama

[Tutorial] Instal Mudah Finger Print (Merk Solution)



Langkah-langkah Instal program/aplikasi Manajemen Absensi : Pertama pilih Install Program Absensi , kemudian tekan tombol “OK”. Langkah berikutnya anda tekan tombol “Next”. Langkan berikutnya tandai “I Accept the agreement”, kemudian Anda tekan tombol “Next”. 4


Program aplikasi Manajemen Absensi secara otomatis terInstal difolder C:, jika Anda ingin merubah difolder lain anda bisa tekan tombol “Browse”. Kemudian tekan tombol “Next”.
Langkah selanjutnya langsung anda tekan tombol “Next”. 
Langkah selanjutnya Anda langsung tekan tombol “Installl”, hingga proses selesai Anda tekan tombol “Finish”. 


Isi nama perusahaan Anda dikolom Nama Perusahaan dan isi singkatan nama perusahaan anda di kolom Inisial. Durasi kerja terlama kurang dari/ adalah waktu terlama jam kerja efektif yang berlaku di perusahaan Anda. Durasi kerja terpendek lebih dari/ adalah waktu terpendek jam kerja efektif yang berlaku di perusahaan Anda. JK lewat tengah malam diasumsikan jika ada karyawan yang kerja melewati tengah malam maka karyawan tersebut dapat diasumsikan bekerja untuk hari pertama atau hari kedua. Status keluar digunakan untuk menentukan jika ada karyawan yang menggunakan status keluar pada jam kerja (break-out/in), apakah statusnya diabaikan, dianggap keluar, dianggap tugas keluar atau harus dicek lebih dahulu. Status Lembur digunakan untuk menentukan jika ada karyawan yang menggunakan status lembur (OT in/OT-out) apakah statusnya tersebut diabaikan, langsung dianggap lembur atau harus dicek dulu oleh administrator aplikasi. 


Satu hari kerja/menit adalah total jam kerja efektif yang berlaku umum di perusahaan Anda, begitu juga toleransi terlambat atau pulang cepat. Pengisian ini sifatnya umum, Anda nantinya dapat mendefinisikan total jam kerja departemen atau karyawan melalui Pengaturan Jam Kerja. Jika karyawan tidak scan masuk maka karyawan dapat dianggap terlambat atau absen. Tandai pilihan tidak scan masuk sebagai ...dan isi durasi yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur ini. Sebaliknya jika ada karyawan tidak scan keluar dapat dianggap pulang cepat atau absen. Tandai pilihan tidak scan keluar sebagai... dan isi durasi yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur ini.
Jika ada karyawan yang terlambat dari durasi yang Anda tentukan dapat dianggap absen. Tandai pilihan Jika terlambat dan isi durasi yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur ini. Jika ada karyawan yang pulang cepat lebih dari durasi yang Anda tentukan dapat dianggap absen. Tandai pilihan Jika pulang cepat dan isi durasi yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur ini. Untuk mengatur durasi minimal lembur ditempat Anda, tandai pilihan Lembur/menit setelah scan pulang dan isi durasi minimal lembur yang Anda inginkan.
Lembur akhir dimulai setelah… menit diisi untuk lembur akhir dimulai berapa menit setelah jam pulang kerja. Maximal lembur akhir ... menit diisi untuk maximal lembur akhir yang ditentukan. Lembur awal aktif sebelum … menit diisi untuk mengaktifkan lembur awal sebelum jam kerja. Lembur awal dimulai sebelum … menit diisi untuk lembur awal dimulai berapa menit sebelum jam masuk kerja. Maximal lembur awal … menit diisi untuk maximal lembur awal yang ditentukan. Maximal total lembur … menit diisi untuk menentukan maximal total lembur awal dan akhir.


Pengaturan Status Presensi ini digunakan untuk menentukan aturan cara perhitungan dan pembulatan Jam Kerja Normal, Terlambat, Plng Cepat, Dinas Luar, Izin, Absen, Lembur, Lembur Bebas, dll.
Pengaturan digunakan untuk menentukan : 1. Jenis satuan durasi yaitu dalam hari, jam, atau menit. 2. Panjang durasi minimal. 3. Pembulatan durasi. Ada 3 (tiga) cara pembulatan yang dapat Anda pilih, yaitu : 1. Pembulatan kebawah. Mis: 1,1 atau 1,9 akan dibulan menjadi 1. 2. Pembulatan ke atas. Mis : 1,1 atau 1,9 akan dibulatkan menjadi 2 3. Tanpa pembulatan. Mis : 1,5 akan dibulatkan menjadi 2, dan 1,4 akan dibulatkan menjadi 1.


Pengaturan set akhir pekan ini untuk menentukan hari apa saja yang akan dianggap sebagai akhir pekan, dan bisa juga untuk mengatur bila ada yang masuk pada akhir pekan maka akan automatis akan dihitung sebagai lembur. 


Dalam menu Pengaturan Departemen ini Anda dapat membuat departemen/divisi yang ada di perusahaan Anda. Untuk membuat/menambah departemen tekan tombol Tambah, isi nama departemen/divisi lalu OK. Untuk menghapus departemen/divisi pilih dulu departemen/divisi lalu tekan tombol Hapus. Jika Anda menghapus sebuah departemen dimana dalam departemen tersebut telah ada beberapa karyawan maka secara otomatis karyawan- karyawan akan dipindahkan ke departemen induk.
Untuk mengubah nama departemen/divisi, pilih departemen/divisi lalu tekan tombol Ubah Nama lalu klik Enter.
Jika Anda ingin memindahkan Sub departemen ke departemen lain, silahkan klik dan drag departemen tersebut ke departemen yang dituju

Karyawan yang ada di kolom ”karyawan tanpa departemen” adalah karyawan yang tidak akan diproses absensinya. Termasuk dalam ketagori ini adalah karyawan yang dinonaktifkan sementara. Untuk mengaktifkan kembali karyawan tersebut, tekan tombol tambah, nama karyawan tersebut akan pindah ke kolom sebelah kanan. Tombol hapus digunakan untuk menonaktifkan karyawan yang ada di kolom ”departemen aktif”. Penonaktifkan juga bisa dilakukan melalui menu Pengaturan Karyawan. 


Untuk menambah karyawan tekan tombol Tambah. Jika Anda ingin menambahkan karyawan pada departemen tertentu maka pilih terlebih dahulu nama departemen yang Anda inginkan sebelum menekan tombol Tambah. Isikan No ID karyawan Jika sebelum ini karyawan Anda belum memiliki nomor maka kami sarankan untuk menentukan dahulu nomor urut karyawan. Nomor ini nantinya digunakan untuk registrasi sidik jari di mesin. Nomor karyawan hanya berisi angka saja dan tidak boleh diawali dengan angka 0. Anda dapat mengisi field-field lain sesuai kebutuhan. 
Tombol Transfer digunakan untuk memindahkan karyawan departemen satu ke departemen yang lain. Tombol Hapus digunakan untuk menghapus karyawan yang keluar/resign. Tombol Non aktifkan digunakan pada karyawan yang sudah tidak aktif. Tombol Impor digunakan untuk mengimpor data karyawan dari file csv, txt atau xml. 


Transfer karyawan atau memindahkan karyawan digunakan jika ada karyawan yang berpindah departemen atau divisi. Untuk memindahkan karyawan, ikuti langkah berikut : 
Pilih karyawan pada departemen yang akan di pindahkan. anda bisa memilih banyak karyawan dengan memilih menggunakan mouse sambil menekan tombol Ctrl pada keyboard komputer Anda. 
Klik tombol Transfer. 
Pilih Departemen Tujuan. 
Lalu tekan tombol OK. 


Anda dapat meregistrasikan atau mendaftarkan sidik jari karyawan melalui halaman pengaturan karyawan ini. Di bawah pengaturan sidik jari, pilih mesin yang dipakai untuk registrasi, lalu tekan tombol Koneksikan mesin. Setelah mesin terkoneksi, silahkan pilih karyawan yang akan diregistrasikan sidik jarinya. Tekan tombol registrasi untuk memulai pendaftaran. Pilih jari yang akan diregistrasi, lalu OK. Letakkan jari di atas sensor mesin absensi sebanyak 3 kali. Jika sukses tekan OK kembali. Anda bisa meregistrasikan lebih dari satu jari sebagai cadangan, minimal daftarkan 2 sidik jari.
Registrasi jari juga dapat dilakukan melalui mesin secara langsung.


Registrasi Kartu juga dapat dilakukan melalui halaman Pengaturan Karyawan ini. Caranya : - Koneksikan mesin sama seperti cara pada registrasi jari di atas. - Silahkan tambah karyawan dengan menekan tombol tambah. - Letakkan kursor ke no. kartu lalu dekatkan kartu ID (atau jenis kartu lain) ke mesin absensi (yang support kartu) untuk dibaca kartunya. - Nomor kartu akan terbaca dan terlihat di field No. Kartu ID. - Klik Simpan untuk menyimpan penambahan karyawan.

Lebih lengkapnya anda bisa lihat previewnya di bawah ini :




Untuk mengunduh klik link gambar di bawah ini : 

Komentar